mengenal dasar Rumus Microsoft Excel

Selamat pagi sobat T4, bagaimana nih kabarnya hari ini? Masih dalam keadaan baik-baik saja kan? Ane harap sih begitu.

Setelah pada pertemuan kemarin ane share tutorial Microsoft word yakni cara membuat halaman di microsoft word dan cara membuat daftar isi di word, sekarang ane akan share tutorial Microsoft excel.

Microsoft excel biasanya digunakan untuk mengolah data-data perhitungan dasar, seperti mengelola buku tabungan dan lain lain. Nah di tutorial kali ini ane akan sedikit share pengalaman ane mengelola buku tabungan dengan menggunakan Microsoft excel ini.

Yang ane rasakan sangat terbantu sekali dengan adanya rumus-rumus yang ada di Microsoft excel ini, jadi ane tidak perlu lagi menjumlah secara manual, tinggal masukin rumus. Maka ketahuan seluruh jumlah tabungan yang ane pegang.

Rumus Microsoft excel

Sebelum ane share pengalaman ane mengelola tabungan dengan bantuan Microsoft excel ini, terlebih dahulu ane akan share rumus-rumus dasar Microsoft excel yang ane gunakan. Inilah rumus dasarnya.

Rumus
Penjelasan Rumus
Contoh penggunaan
Hasil (Enter)
*
Perkalian
=12*2
24
/
Pembagian
=24/2
12
-
Pengurangan
=14-12
2
+
Penjumlahan
=12+2
14
^
Pangkat
=12^2
144
%
Persen
=100*25%
25
( )
Pengelompokan
=(2+12)*5
70

Setiap penggunaan rumus harus didahului karakter sama dengan (=). Setiap angka tidak boleh menggunakan titik (.) atau Rp. atau karakter-karakter lainnya. Untuk mengetahui hasilnya silahkan langsung tekan enter.

Penggunaan rumus Microsoft excel dalam mengelola buku tabungan

Setelah sobat memahami rumus-rumus dasar Microsoft excel, sekarang kita akan mulai belajar menerapkannya.

Sebagai contoh di sini ane akan menggunakan rumus excel ini untuk perhitungan tabungan.

No
Bulan
Uraian
Debit
Kredit
Saldo
1
14-03-2011
saldo akhir
1005000

1005000
2
23-03-2011
Pak To beli bambu I

100000
905000
3
02-04-2011.
Pak To beli bambu II

35000
870000
4
05-04-2011.
Sutarto dkk
350000

1220000
5
08-04-2011.
Warsono
50000

1270000
6
09-08-2011.
Suparno
30000

1300000

Jumlah Total
1435000
135000
1300000

Rumus Saldo ketika ada Kredit

Rumus Microsoft Excel 

Rumus Saldo Ketika ada Debit

Rumus Microsoft Excel

Rumus JumlahTotal Debit

Rumus Microsoft Excel

Rumus Jumlah Total Kredit

Rumus Microsoft Excel

Rumus Jumlah Total Saldo

Rumus Microsoft Excel

Nah itulah rumus-rumus dasar Microsoft excel yang pernah ane manfaatkan, sederhana memang, tapi manfaatnya cukup besar.

Silahkan dimanfaatkan rumus yang disediakan Microsoft excel ini. Semoga bermanfaat. Sekalian ane mau undur diri ini. Sampai jumpa lagi di tutorial Microsoft office berikutnya…

Popular posts from this blog

cara mudah print label cd dengan praktis

Cara Mudah Membuat Label CD Dengan Microsoft Publisher

Cara Membuat Presentasi sederhana di Microsoft PowerPoint