Cara mudah burning video ke cd dengan nero

Selmat pagi sobat T4. Bagaimana nih kabarnya hari ini ? semoga dalam keeadaan sehat wal’afiat. Amien

Setelah pada beberapa hari yang lalu ane sudah share tutorial photoshop dan tutorial internet, pada kesempatan kali ini giliran ane share tutorial yang berhubungan dengan video. Yaitu cara burning video ke cd.

Cara burning video ke cdKalau mindahin video dari computer ke flashdisc, kita tinggal copy paste aja. Tapi ini tidak berlaku ketika kita ingin mengcopy Video di komputer ke CD/DVD. Ada teknik khusus supaya kita bisa mengcopynya. Nah teknik khusus itu biasa orang bilang “burning”.

Sobat tentu pernah dong membeli VCD di toko yang bisa kita putar di vcd player…? Nah sekarang apakah sobat punya video pribadi yang ingin sobat burning ke cd supaya bisa diputar di VCD player…? Yuk mari kita belajar bareng memburning video ke cd

Hal-hal yang diperlukan untuk burning CD

Sebelum kita memburning video ke cd, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan, silahkan sobat bisa mengeceknya. Apakah sobat sudah memiliki ini semua…? Kalau belum… silahkan dilengkapi dulu. Perlengkapannya sebagai berikut;

1.         Computer yang memiliki CD/DVD-RW Drive
2.         Kepingan CD-R blank (kosong)
3.         Software untuk memburning. Di sini ane menggunakan nero 7
4.         Tentunya video yang akan di burning ke cd. Heheee…

Setelah semuanya siap. Mari kita memulai memburning video ke cd supaya bisa di putar di VCD/DVD player.


Cara burning video ke CD

1.         Masukan CD-R blank kedalam CD/DVD-RW Drive
2.         Buka nero startsmart essentials. Kemudian pilih Photo and Video / Make Video cd. Untuk lebih jelasnya silahkan Lihat gambar !.
Cara burning video ke cd
3.         Klik add video file…  kemudian pilih video yang ingin sobat burning, lalu klik open.
Cara burning video ke cd

4.         Tampilan berikutnya akan menjadi seperti ini.
Cara burning video ke cd
Ket; 1. BSM 1 dan 2. BSM 2 adalah nama file video yang akan di burning, Total space used 549.0 out of 703,1 Mb itu keterangan ukuran file video yang telah di gunakan. Jadi sobat hanya bisa memburning dalam setiap keping CD maksimal 703.1 MB. Kalau melebihi itu sobat harus membuang atau mengurangi videonya.

5.         Jika sudah siap dan yakin video itu yang akan di burning, silahkan klik Next… di sini kita akan sedikit mendesain tampilannya. Lihat gambar.!
Cara burning video ke cd
Isi kolom Header dengan tulisan yang sobat inginkan, yang nantinya akan menjadi nama pada CD jika sudah jadi.
Untuk mengedit gambarnya, sobat tinggal double klik gambar, selanjutnya silahkan atur sendiri. Jika sudah selesai dibagian ini, silahkan klik Next… sampat 3 kali.

6.         Kemudian klik burn, dan proses burningpun berjalan. Biarkan sampai semuanya selesai.
7.         Jika proses burning ini selesai dan sukses, sobat akan mendapat pemberitahuan kaya gini.
Cara burning video ke cd
Terserah sobat mau pilih yes atau no ini sudah tidak berpengaruh lagi pada hasil burning.
CD-R akan keluar dengan sendirinya.

8.         Sampai di sini sobat sudah sukses memburning video kedalam CD. Sekarang silahkan sobat play menggunakan CD/DVD payer sobat. semoga bermanfaat…

Bagai mana, gampangkan burning Video ke CD. Cuma butuh beberapa step. Maka jadi deh. Heheeee…. Karna burningnya udahan, maka udahan pula ane share tutorial kali ini. Dipertemuan yang akan datang, ane akan share cara membuat label CD. supaya CD yang tadi di burning makin keren. hehe....
See you next posting…

Popular posts from this blog

cara mudah print label cd dengan praktis

Cara Mudah Membuat Label CD Dengan Microsoft Publisher

Cara Membuat Presentasi sederhana di Microsoft PowerPoint