-->

Cara mudah Membuat Banner sederhana Dengan Photoshop

Advertisemen
Selamat pagi sobat T4, bagaimana nih kabarnya hari ini, semoga masih dalam keadaan sehat selalu. Amien.

Setelah pada kesempatan yang lalu ane share “cara membuat animasi dengan photoshop”, pada kesempatan kali ini ane akan share “cara membuat banner dengan menggunakan photoshop”.

Cara Membuat Banner Dengan PhotoshopSebagai seorang yang sering bermain di dunia maya, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya banner. Banner ini biasanya berisikan gambar atau tulisan yang dijadikan untuk mempromosikan suatu barang atau produk, bahasa simpelnya iklan.

Banner-banner yang biasa dijadikan iklan di internet biasanya berukuran 728x90, 300x250, 120x600 dan 486x60. Adapula ukuran-ukuran yang lain yang disesuaikan dengan template suatu blog atau web yang dijadikan tempat beriklan tersebut.

Cara membuat banner dengan photoshop

Pada tutorial kali ini ane akan coba membuat banner dengan photoshop berukuran 300x250. Iklan yang akan dimuat di banner ini adalah kursus e-compusotf yang memiliki slogan belajar bahasa inggris online full conversation tanpa grammar. Info lebih lanjut bisa dilihat di e-compusoft.co.id

Sebelum membuat banner, silahkan sobat download terlebih dahulu Photo Mr. teguh handoko selaku penemu system e-compusoft di sini. setelah didownload, mari kita mulai praktek.

1.         Buka photoshop sobat, dan buatlah document baru dengan ukuran 300x250
2.         Buka foto Mr.Teguh handoko yang tadi sobat download
3.         Seleksi foto Mr.Teguh kemudian klik Ctrl+C lalu pindah ke document baru yang tadi sobat buat dan klik Ctrl+V. kemudaian atur sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara Membuat Banner Dengan Photoshop
Jika kesulitan danam menyeleksi, atau bahkan tidak tahu seleksi itu apa, bisa dilihat tutorialnya di trik seleksi foto dalam photoshop

4.         Kemudian ketik tulisan “Pusing mikirin Grammar , Pingin bisa langsung ngomong” sehingga hasilnya menjadi seperti ini
Cara Membuat Banner Dengan Photoshop

5.         Kemudian buat lagi tulisan “Bahasa Inggris” seperti gambar berikut ini.
Cara Membuat Banner Dengan Photoshop
Gunakan blending options untuk menghias tulisan. Cara menampilkan blanding options sudah dibahas pada tutorial cara membuat stempel dengan photoshop. Silahkan dicoba-soba sendiri.

6.         Buat tulisan “Klik di sini” sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara Membuat Banner Dengan Photoshop

7.         Kemudian buat frame menjadi dua. Caranya sudah dibahas pada tutorial cara membuat animasi dengan photoshop
8.         Pada frame 2, dobel klik layer “klik di sini” sehingga muncul layer style, kemudian centang pada color overlay.
9.         Atur juga frame delay menjadi 0.5 second dan loop count menjadi forever.
Cara Membuat Banner Dengan Photoshop

10.     Klik play untuk melihat hasilnya. Jika sudah sesuai klik Ctrl+Shift+Alt+S kemudian pilih format Gif. Maka hasilnya menjadi seperti ini.
Cara Membuat Banner Dengan Photoshop

Bagaimana, gampang banget kan membuat banner dengan photoshop, sekarang sobat bisa membuat banner sendiri untuk iklan yang sobat ingin pasang di blog sobat. Tutorial ini hanya sekedar Dasar, jadi silahkan sobat kembangkan sendiri, buatlah banner yang menarik, sehingga pengunjung tertarik untuk meng-kliknya.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di tutorial photoshop berikutnya.
Advertisemen