-->

Caramudah Membuat Animasi sederhana dengan Photoshop

Advertisemen
Selamat pagi sobat T4. Bagaimana nih kabarnya hari ini, masih oke-oke aja kan. Ane harap sih begitu, jadi kita bisa melanjutkan pelajaran photoshop kita. Hehehe….

Setelah pada kesempatan yang lalu ane membahas cara membuat stempel dengan photoshop, pada kesempatan kali ini ane akan share cara membuat animasi dengan photoshop atau Cara membuat gambar bergerak dengan photoshop.


Pengertian Animasi

Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
Sebelum ane share cara membuat animasi dengan photoshop, ane akan sedikit jelasih pengertian animasi. Kalau ane liat di kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Animasi adalah “Acara televisi yang berbentuk lukisan atau gambar yang digerakan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak”.

Jadi gambar animasi itu seperti gambar yang bisa bergerak, kalau di TV seperti film-film kartun.

Tentu di sini ane tidak akan membuat film kartun yang berdurasi sekitar 30 - 60 menit, tapi ane hanya sekedar akan membuta gambar bergerak (animasi). Dan nanitnya silahkan sobat bisa kembangkan sendiri.

Setelah memahami apa yang akan ane sharekan hari ini, mari kita langsung menuju ke TKP dan mulai belajar photoshop.

Cara membuat animasi dengan photoshop.

Pada tutorial photoshop kali ini, ane akan membuat “lamup lalu lintas” atau lebih dikenal dengan nama lampu merah. Sobat pasti sering dong melihat lampu merah, lamup yang dipasang di perempatan atau di persimpangan jalan untuk mengatur lalu lintas.

1.         Buka photoshop dan buatlah document baru (Ctrl+N)
2.         Buatlah 2 objek persegi panjang dengan menggunakan Rounded rectangle tool (U), seperti gambar berikut ini
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop

3.         Kemudian buatlah 3 objek lingkaran dengan menggunakan ellipse tool (U), dengan warna merah, kuning, dan hijau. Seperti gambar berikut ini.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop

4.         Sekarang aktifkan menu animasi dengan cara klik Menu Window/animation
5.         Buatlah 3 frame dengan mengkili tombol seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop

6.         Klik frame 1, kemudian hidden lampu kuning dan hijau dengan cara meng klik ikon mata yang ada di layer lampu kuning dan hijau.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop
Untuk frame 2 yang di hidden adalah lampu merah dan hijau, sedangkan untuk frame 3 yang dihidden lampu merah dan kuning

7.         Blok frame 1-3 dengan cara klik frame 1 tekan shift pada keybord kemudian klik frame 3. Kemudian atur frame delay menjadi 1 second dan loop count menjadi forever
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop

8.         Untuk melihat hasilnya klik tombol play. Jika sudah sesuai klik Ctrl+Shift+Alt+S dan pilih forman Gif. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara Membuat Animasi Dengan Photoshop

Bagaiman mudah bangetkan membuat animasi dengan photoshop. Tutorial ini hanya dasar atau rumus untuk membuat gambar animasi. Silahkan sobat kembangkan sendiri yah…

Semoga bermanfaat, sampa jumpa lagi di tutorial photoshop berikutnya…
Advertisemen